2017-05-11

Tutorial Codeigniter : Penjelasan mengenai Codeigniter dan Instalasi Codeigniter



Assalamu'alaikum Wr Wb.

Selamat siang..

     Bertemu lagi bersama saya selaku admin Ngelmu Tekno. Pada kesempatan ini saya akan membagikan sebuah tutorial mengenai Codeigiter. Codeigniter merupakan sebuah framework untuk mempermudah pengembangan website. Codeigniter menggunakan sistem MVC(Model View Controller) dalam pengembangannya. Untuk para web developer pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya Codeigniter ini, selain lengkap dan gratis, implementasinya juga sangat mudah untuk digunakan.

     Codeigniter merupakan sebuah framework, sebelum membahas lebih jauh mengenai Codeigniter, alangkah baiknya kita bahas terlebih dahulu apa itu Framework. Framework jika diartikan kedalam bahasa indonesia artinya adalah bingkai kerja/kerangka kerja, sedangkan jika diartikan secara istilah pemrogramman Framework merupakan sebuah kerangka kerja yang diciptakan oleh seseorang yang berguna untuk mempermudah programmer dalam mengerjakan projectnya, Framework berisi berbagai macam plugin-plugin atau script yang diperlukan oleh programmer, sehingga programmer tidak perlu lagi menulisnya dari awal. bisa diartikan seperti copas namun bukan sembarang copas yang biasa dilakukan tetapi copas dalam versi programmer.

     Berbicara mengenai Framework, Codeigniter juga merupakan sebuah framework, lalu apa sih Codeigniter itu. Codeigniter merupakan sebuah framework open source untuk mempermudah pengembangan website yang menggunakan sistem MVC(Model, View, dan Controller). Codeigniter dirancang oleh EllisLab dan dikembangkan di British Columbia Institute of Technology selain lengkap dan gratis, Codeigniter juga sangat mudah untuk digunakan. Codeigniter menggunakan sistem MVC ( Model, View, Controller), MVC adalah suatu konsep yang memisahkan komponen utama menjadi 3 bagian. Berikut penjelasan lebih jelas mengenai MVC.

Model

     Model merupakan bagian yang terbagi sebagai penanganan yang berhubungan dengan database. Model bisa berisi query untuk menginsert data ke database, menampilkan data dari database, update data di database, dan menghapus data pada database. Semua instruksi yang berhubungan dengan database diletakan dalam Model.

View

     View merupakan bagian yang terbagi sebagai penanganan atau yang menagani UI(User Interface), view ini yang akan menjadi antarmuka atau tampilan sebuah website. Biasanya dalam view terdapat script html yang dicampur dengan php yang akan menghasilkan sebuah tampilan website sehingga memudahkan bagi designer website.

Controller

     Controller merupakan sebuah bagian yang diibaratkan sebagi otak dari website atau bisa diibaratkan juga sebagai tali yang menghubungkan Model dan View. Cara kerja dari controller yaitu sangat beragam, bisa saja langsung meload view, atau melalui model terlebih dahulu jika sistem web yang digunakan membutuhkan database. Setelah model meload database maka controller akan meneruskannya ke view.

     Jadi bisa disimpulkan penggunaan sistem MVC (Model, View, dan Controller) sangat mempermudah pengembangan website karena proses kerja bisa dibagi-bagi, front end developer bisa menangani View dan back end developer bisa menagani Model dan Controller. Sistem MVC juga sangat cocok dalam kerja sama tim.

Kelebihan menggunakan Framework Codeigniter
Adapun kelebihan menggunakan framework codeigniter daripada tanpa menggunakan codeigniter(PHP dan HTML biasa).
  1. Mempermudah pengerjaan
  2. Mempersingkat waktu pengerjaan
  3. Pengembangan yang terstruktur
  4. Sistem keamanan yang lebih aman daripada php biasa
  5. Kelengkapan berbagai fitur dalam Codeigniter

Cara Instalasi Codeigniter
Instalasi codeigniter sangatlah mudah, berikut saya sajikan langkah demi langkah instalasi codeigniter.
  1. Pastikan Web Server sudah terinstall dalam PC anda (disini saya menggunakan XAMPP)
  2. Download framework Codeigniter di https://www.codeigniter.com/
  3. Setelah mendowload framework Codeigniter silahkan ekstrak file zip Codeigniter
  4. Setelah proses peng ekstrakan selesai silahkan rename nama folder CodeIgniter-3.1.4 sesuai dengan keinginan anda. (Ini digunakan agar anda mudah untuk mengingatnya)
  5. Kemudian copy dan paste lah folder Codeigniter yang sudah direname tadi ke directory xampp/htdocs
  6. Buka XAMPP dan aktifkan Apache dan MySQL
  7. Buka browser anda
  8. Ketikan localhost/latihanci tekan enter
  9. Maka akan tampil halaman seperti berikut


  10. Selesai

     Sampai sini Codeigniter sudah berhasil terinstall dan siap untuk digunakan. Penjelasan untuk gambar nomor 9 adalah tampilan default Codeigniter jika kita baru memulai Codeigniter. Halaman tersebut merupakan tampilan view dari welcome_message.php yang dikendalikan oleh Controller Welcome.


Mungkin sampai disini saja mengenai penjelasan dan cara instalasi Codeigniter yang bisa saya sampaikan, nantikan tutorial selanjutnya tentang Codeigniter. Semoga bisa bermanfaat.

Sekian dari saya,

Wassalamu'alaikum wr wb.

Salam Ngelmu Tekno
Load disqus comments

0 komentar