2016-06-22

18 Cara Ampuh Meningkatkan Trafik Pengunjung Blog



Asalamu'alaikum Wr Wb.

          Memiliki blog bagi setiap manusia pasti memiliki kebanggaan tersendiri, apalagi apabila blog tersebut sangat terkenal dan setiap harinya banyak pengunjung yang mendatangi blognya tersebut. Pengunjung yang banyak tentu sangat sekali diinginkan para blogger untuk memulai karir bloggernya, entah itu untuk semangat memposting, atau yang lainnya. Bayangkan saja jika suatu blog memiliki banyak sekali artikel yang bermanfaat, tetapi tidak ada satu orang pun yang mengunjungi blog tersebut maka itu sangat sia-sia, segala jerih payah dan usaha blogger tidak ada balasannya dan sia-sia.


          Memang benar cara menarik pengunjung/visitor untuk mengunjungi blog kita itu sangat sulit sekali, apalagi membuat blog kita terkenal di seluruh dunia. Hal tersebut butuh waktu yang panjang dan perlu sebuah kerja keras, akan tetapi para blogger zaman sekarang sudah terlupakan dengan cara tersebut, para blogger zaman sekarang lebih mengutamakan ambisinya, mereka selalu berpikir instant untuk menarik pengunjung untuk mengunjungi blognya, sehingga hasil yang diperolehnya pun akan instant juga. Jika anda menerapkan sikap sabar dan terus bekerja keras Insya Allah anda akan mendapat sebuah balasannya. karena ada suatu pepatah yang mengatakan bahwa "Usaha keras itu tak akan mengkhianati, jika usaha keras itu mengkhianati berarti usahanya belum keras." Pahami saja pepatah tersebut Insya Allah bisa meningkatkan semangat anda untuk selalu bekerja keras.

          Sebenarnya membuat blog banyak pengunjungnya itu tidak sulit hanya saja banyak orang-orang yang mempersulitnya dengan rasa malas untuk mengembangkan blognya. Maka dari itu mari kita bangun semangat dan kerja keras untuk memperoleh pengunjung blog yang banyak. Membangun sebuah blog yang terkenal dan memiliki pengunjung yang banyak itu memiliki dasar tersendiri, yaitu niat yang tulus dari dalam hati, kesabaran, dan prinsip bekerja keras. Jika dasar tersebut telah tertanam di diri anda Insya Allah anda bisa menjadi seorang blogger yang sukses. Selain menanamkan ketiga dasar diatas kita juga perlu mengembangkan blog kita, mengembangkan bisa dilakukan dengan cara memperindah blog anda, maksudnya seperti pilihlah template yang bagus, responsive dan memiliki kecepatan loading yang tinggi, logo yang bagus namun memiliki size yang kecil, memilki konten yang bekualitas dan berbobot. Pokoknya kembangkan semua segi dari blog anda.




BACA JUGA : [CARA MEMBUAT BLOG GRATIS DENGAN BLOGSPOT TERBARU DAN DASAR DASAR BLOGGER]


          Sebelum masuk ke inti dari postingan ini yaitu "18 Cara Ampuh Meningkatkan Trafik Pengunjung Blog" sebaiknya kita ketahui terlebih dahulu sebenarnya apa sih visitor blog itu? Dalam kamus besar bahasa inggris Visitor berarti pengunjung sedangkan menurut istilah yaitu seseorang/pengunjung yang pada waktu tertentu mengakses/mengunjungi website kita dengan cara mengakses link website kita. Visitor/pengunjung bisa kita dapatkan dengan memposting sebuah artikel di dalam blog, dan jika artikel kita terbaca di search engine maka akan dikunjungi oleh visitor, tetapi jika blog kita memiliki banyak artikel yang bermanfaat insya allah akan ada visitor permanen/tetap yang selalu menunggu update'an artikel kita. Berikut 18 Cara Ampuh Meningkatkan Trafik Pengunjung Blog:

  1. Memiliki niat yang tulus untuk membangun sebuah blog.

              Memiliki niat yang tulus adalah hal yang mendasar yang wajib tertanam di diri kita masing-masing, karena jika kita tidak memiliki niat yang tulus dari dalam diri kita, blog pun tidak akan pernah terbangun, sekalipun blog itu terbangun maka blog itu hanya akan menjadi pajangan saja. Awal yang di sertai dengan niat pasti akan menimbulkan semangat dan kerja keras untuk membangun sebuah blog yang berkualitas.
  2.  Selalu beribadah dan berdoa kepada Allah SWT

              Cara ini sangat penting dilakukan oleh semua para blogger yaitu dengan selalu beribadah dan selalu berdoa kepada dzat yang menciptakan kita agar kita bisa mendapatkan kesuksesan dari blog kita. Kita perlu melakukan hal ini karena segala sesuatu yang ada di jagad raya ini sudah diatur oleh Allah SWT dan telah tertulis di kitab lauhul mahfudz. Maka dari itu mari kita selalu beribadah dan berdoa agar kita diberikan kesuksesan pada blog kita, dan jika anda belum mendapatkan harapan yang diinginkan tetaplah terus berusaha, jangan pernah menyerah, karena itu adalah cobaan dari Allah SWT untuk kita agar meningkatkan semangat dan kerja keras kita. Insya Allah jika kita terus berusaha untuk membangun sebuah blog yang berkualitas dan selalu bangun dari kegagalan maka Allah SWT pun akan menolong hamba-hambanya yang selalu berusaha. Karena Allah berfirman bahwa "Allah SWT tidak akan pernah menyulitkan keadaan kaum itu sendiri melebihi kemampuan kaumnya." (Al-Baqarah : 286). Maka dari itu ayo perangi keputusasaan mu maka kesuksesan akan menghampiri mu.
  3. Buatlah judul artikel dengan kata-kata yang menarik banyak orang.

              Membuat artikel dengan judul yang menarik banyak orang tentu sangat berpengaruh terhadap visitor blog, maksudnya yaitu dengan cara menyusun kata-kata judul artikel agar orang-orang yang melihatnya tertarik untuk mengunjungi blog anda, Seperti judul artikel diawali dengan kata-kata yang menusuk perhatian orang lain, seperti "Rahasia", "Cara Ampuh", "Cara Sukses", dan lain sebagainya. Dengan menerapkan cara ini maka jika ada seseorang yang melihat judul artikel kita dia akan tertarik dan akan mengunjungi blog kita.
  4. Buatlah artikel yang sedang HOT.

              Membuat artikel yang lagi HOT/Trending Topic merupakan cara yang sangat ampuh untuk menarik perhatian pengunjung, dikarenakan orang-orang di era sekarang sudah menerapkan prinsip agar meraka tidak kudet atau bisa dibilang kurang update, mereka selalu ingin Up To Date di setiap harinya untuk menambah wawasannya. Blog yang memiliki niche berita sangat cocok untuk menerapkan cara ini, namun blog yang berniche selain berita pun bisa menerapkan hal ini. Pokoknya pintar-pintarnya anda untuk mencari informasi yang sedang HOT dan buatlah artikel tersebut, Insya Allah pengunjung akan berbondong-bondong mengunjungi blog anda.
  5.  Membuat sebuah fanspage di sosial media.

              Sosial media merupakan media bertukar informasi yang bersifat perseorangan, bahkan di era sekarang banyak sekali orang-orang yang sudah memiliki akun sosial media, anak kecil pun sudah ada yang memiliki akun sosial media. terutama Facebook, web yang diciptakan Mark Zuckerberg ini sangat banyak peminatnya bahkan sampai beratus-ratus juta orang, tidak hanya itu saja akun sosial media yang lain pun sangat banyak peminatnya seperti twitter dll. Dengan memanfaatkan sosial media yang memiliki beratus-ratus juta orang ini kita tentu harus membuat sebuah fanspage blog kita dan didalamnya terdapat link blog kita, agar blog kita lebih dikenal oleh orang-orang yang diluar sana, apalagi jika kita menggunakan fitur promote fanspage maka sangat banyak kemungkinan orang-orang mengunjungi blog kita.
  6.  Buatlah artikel yang bermanfaat, berkualitas dan berbobot

              Membuat artikel yang berkualitas, bermanfaat, serta berbobot adalah hal yang mendasar yang harus dilakukan oleh para blogger, kenapa? karena dengan adanya konten yang berkualitas dan bermanfaat maka akan menarik orang-orang untuk mengunjungi blog anda, serta artikel yang berbobot tentu akan sangat menarik perhatian banyak orang dan situs penyedia iklan, seperti Google Adsense. Dengan membuat artikel yang berbobot kira-kira 1000 - 3000 kata maka akan memiliki keberuntungan yang tinggi untuk diterima di Google Adsense.
  7. Selalu membuat postingan setiap harinya.

              Dengan selalu membuat postingan di setiap harinya tentu akan sangat membantu menarik pengunjung untuk mengunjungi blog anda serta akan mendapatkan keberuntungan yang tinggi untuk diterima oleh Google Adsense. dengan membuat artikel di setiap harinya maka akan menambah jumlah postingan anda pada blog anda, minimal buatlah postingan 1 hari 1 artikel, tetapi jika anda masih ingin memposting anda bisa membuat lebih dari satu artikel di setiap harinya, dan itu lebih baik. Dengan itu blog kita akan terlihat blog yang profesional dan menarik banyak pengunjung.


    BACA JUGA : [CARA AMPUH MENGATASI POSTINGAN YANG HANYA TAMPIL SATU DI HOME PAGE BLOG ]
  8.  Mencari partner blog.

              Untuk anda yang sangat sibuk di dunia nyata dan tidak sempat untuk memposting/mengurus blog, ada baiknya kita mencari sebuah partner untuk blog kita agar blog kita terlihat selalu update, sehingga akan menarik perhatian para pengunjung untuk mengunjungi blog kita. Cara ini sangat di rekomendasikan karena blog kita akan sangat sekali update artikel misal sebelum ada partner kita memposting 1 hari 2 artikel, dan jika kita sudah mempunyai partner, misal partner update artikel 1 hari 3 artikel, coba saja dibayangkan maka blog kita 1 hari sudah update 5 artikel dan tentu ini hal yang sangat penting dilakukan dan sangat menarik perhatian pengunjung dan membuat blog kita memiliki banyak konten yang berkualitas.
  9.  Membuat sebuah iklan.

              Cara ini mungkin sedikit berbayar dan sangat jarang dilakukan oleh blogger pemula, tetapi sebagian besar para blogger yang profesional telah menerapkan cara ini, misal program iklan Google Adword, Promote Fanspage di Sosial media dll. Cara ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan trafik pengunjung blog karena mendapat banyak sekali kunjungan dari orang-orang. Cara ini sering dilakukan untuk mempromosikan produknya. Cara ini sangat cocok untuk blog yang berniche penjualan dll. Tetapi cara ini pun juga cocok dengan blog yang berniche lain.
  10. Sering-seringlah melakukan Blogwalking

              Cara ini juga sangat penting bagi para blogger sejati yang haus akan informasi. Cara ini dilakukan dengan cara mencari blog yang sudah profesional dan memiliki konten yang berkualitas, serta banyak pengunjung yang berkomentar di blognya, kemudian kita memanfaatkannya, yaitu dengan cara berkomentar yang memuji artikelnya, misalnya "Artikel yang sangat bermanfaat dan sangat membantu. Makasih infonya kang." kemudian kita sisipkan komentar yang berfungsi agar para komentator dan adminnya mengunjungi blog kita misal "Jangan lupa kunjungan baliknya kang di "link blog anda" dan promosinya. maka kemungkinan besar akan ada pengunjung besar yang mengunjungi blog kita. Cara ini harus dilakukan sesuai dengan prosedur diatas, yaitu memuji artikel terlebih dahulu, kemudian menyisipkan link blog kita, jangan sampai berkomentar hanya menyertakan link blog kita saja tanpa memuji sebuah artikel karena itu dapat menciptakan prasangka bahwa kita hanya sekedar promosi saja.
  11. Menyisipkan artikel yang berkaitan di dalam postingan

               Cara ini sangat perlu dilakukan karena bisa menarik perhatian lebih kepada pengunjung blog kita untuk membaca artikel-artikel lainya yang ada pada blog kita, dan cara tersebut akan menghasilkan kenyamanan tersendiri bagi para pengunjung blog kita, dan mereka pun akan betah berlama-lama di blog kita. Dan tentu cara ini dapat menciptakan pengunjung setia blog kita. Caranya yaitu, misal disetiap postingan, kita sisipkan link artikel yang berkaitan. Contohnya seperti ini: BACA JUGA : [Artikel yang berkaitan]. Dan cara peletakannya yaitu diletakan di setiap akhir paragraf yang berkaitan dengan artikel tersebut. Cara ini sering dilakukan oleh para blogger profesional untuk menciptakan pengunjung setia blog.
  12. Rajin menjawab komentar.

              Dengan adanya sifat rajin dalam diri kita untuk menjawab para komentator yang ada pada blog kita, maka akan melahirkan kenyamanan tersendiri bagi pengunjung blog kita, dan hal ini akan menciptakan pengunjung setia blog kita. Setiap pengunjung berkomentar rata-rata menanyakan hal yang belum jelas pada artikel kita sehingga itu menyebabkan pertanyaan tersendiri juga ingin selalu terus mengunjungi blog kita untuk menunggu jawaban dari kita, sehingga jika kita menjawab komentar-komentar dari mereka maka akan menciptakan kenyamanan tersendiri pada pengunjung blog kita dan kita pun akan selalu kedatangan pengunjung disetiap harinya.
  13. Memasang sebuah autorespnder.

              Nah.. dengan memasang fitur ini maka akan menarik perhatian para pengunjung blog kita dan jika pengunjung blog kita berkomntar maka meraka akan tau bahwa admin sedang tidak online dan meraka akan tahu dan tidak akan sakit hati karena komentar meraka tidak dijawab disebabkan admin sedang offline. Dengan memasang autoresponder ini maka akan sangat menarik perhatian bagi para orang-orang untuk mengunjungi blog kita, dan tidak segan-segan meraka akan berkomentar di dalam blog kita.
  14. Membuat sebuah fitur request artikel.

              Membuat sebuah fitur request artikel di blog kita memang sangat direkomendasikan, karena kita bisa tahu apa yang sedang di permasalahkan oleh pengunjung kita dan kita pun bisa membantu pengunjung blog kita agar bisa menyelesaikan masalahnya. Fitur ini seperti menyediakan kesan tersendiri yaitu kesan untuk berinteraksi dengan pengunjung blog dan cara ini juga akan menarik sangat banyak pengunjung untuk mengunjungi blog kita, juga akan menciptakan pengunjung setia blog kita.
  15. Membuat sebuah fitur subscribe/berlangganan.

              Fitur ini juga sangat direkomendasikan untuk menarik perhatian banyak para pengunjung blog kita, sehingga para pengunjung blog kita tidak bersusah payah untuk berhari hari menunggu postingan yang akan update, tetapi dengan membuka email mereka maka mereka akan mendapat sebuah notifikasi update artikel dari blog kita, dan mereka pun akan mengunjungi blog kita, Cara ini sangat menguntungkan bagi para pengunjung blog dan akan menciptakan kenyamanan tersendiri juga menciptakan pengunjung setia blog.
  16. Menambahkan fitur share artikel di setiap postingan.

              Menambahkan fitur share artikel di setiap postingan sangat-sangat direkomendasikan oleh para blogger sejati, karena dengan adanya fitur share artikel ini akan sangat membuat blog kita terkenal dari segi kualitasnya dan lainnya. Kita sebagai admin tidak pelu mengklik tombol share, kita cukup menunggu para pengunjung kita untuk mengklik tombol share tersebut dan jika berhasil para pengunjung tertarik dengan artikel kita kemudian mereka mengklik tombol share artikel tersebut misalnya share artikel di facebook maka kita pun kemungkinan besar akan kebanjiran pengunjung karena program share tersebut. Tetapi tidak semudah itu yang kalian bayangkan karena untuk membuat para pengunjung membagikan artikel-artikel kita di sosial media kita butuh kecerdasan dalam membuat artikel yang menarik dan berkualitas.
  17. Membuat promosi

              Kemudian untuk menarik trafik pengunjung blog kita yaitu dengan cara membuat promosi besar-besaran, misal kita promosikan ke teman-teman dekat kita, teman sosial media kita, membuat sebuah stiker tentang blog kita dan memasarkannya, membuat sebuah kaos tentang blog kita, membuat sebuah banner, mendaftarkan ke product untuk menjadi sponsor, dll. Dengan cara yang satu ini pasti blog anda akan kedatangan pengunjung yang sangat banyak.
  18. Mengganti domain blog ke domain TLD(Top Level Domain)

              Untuk menarik jumlah pengunjung yang banyak, juga membuat blog kita terlihat profesional maka kita harus mengganti domain blog ke domain TLD(Top Level Domain). Domain TLD yang dimaksud seperti .com .net .id .org .co .co.id dan masih banyak lagi. Cara ini perlu modal sekitar 100k ke atas untuk mengganti domain kita tetapi ada juga situs yang menyediakan domain gratis seperti Freenom dll. tetapi lebih baiknya kita menggunakan domain premium seperti yang saya sebutkan diatas, selain blog kita menjadi terlihat lebih profesional, link blog kita juga akan bertambah pendek jumlah karakternya, dan itu akan sangat menarik para pengunjung blog kita, karena mereka dengan mudah nya sudah hafal dengan link blog kita. Atau bisa dibilang blog kita memiliki link yang mudah dihafal oleh para pengunjung blog kita.
Ya, Mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan pada artikel "18 Cara Ampuh Meningkatkan Trafik Pengunjung Blog" Semoga bisa bermanfaat bagi anda yang ingin memulai karir di dunia blog. dan semoga anda bisa mendapatkan pengunjung yang banyak. Amiiin..

Wasalamu'alaikum Wr Wb.

Salam Ngelmu Tekno.
Load disqus comments

2 komentar