2016-06-21

Cara Ampuh Mengatasi Postingan Yang Hanya Tampil Satu Di Home Page Blog



Asalamu'alaikum Wr Wb.

          Dunia internet merupakan dunia yang sekarang ini sangat dibutuhkan oleh semua khalayak, baik itu anak-anak maupun orang dewasa, dikarenakan internet memiliki sangat banyak informasi. Orang-orang sebagian besar membuka internet dengan tujuan untuk memecahkan masalah yang sedang dia hadapi dan jika seseorang tersebut sering memecahkan masalahnya maka akan menambah wawasan pengetahuannya. Bayangkan saja di era sekarang anak-anak sudah ternodai oleh sebuah gadget, dan sudah tau betul apa itu internet, dan cara mengaksesnya, maka dari itu perlu bimbingan orang tua untuk mengawasi anak-anaknya. Berbeda dengan era dulu, dulu anak-anak bermain dengan lingkungan sekitarnya, bukan dengan dunia digital.


          Sebagai seorang blogger, pasti tidak lepas dengan yang namanya memosting sebuah artikel untuk blognya, kenapa suatu hal itu tidak akan lepas bagi seorang blogger? ya karena dengan memosting sebuah artikel maka akan menjadikan kesuksesan bagi blognya. Bayangkan saja ada sebuah blog yang tidak pernah diurus oleh adminnya dan tidak pernah sekalipun admin memosting sebuah artikel, maka blog itu hanya akan menjadi pajangan saja. Sebagus-bagusnya blog yang anda miliki, jika tidak memiliki sebuah artikel 1 pun itu sama saja anda membuang buang waktu dan modal saja, dan itu akan sangat merugikan bagi diri anda.


BACA JUGA [Cara Membuat Blog Gratis Dengan Blogspot Terbaru Dan Dasar Dasar Blogger ]


          Sebelum masuk kedalam inti postingan yaitu "Mengatasi Postingan Yang Hanya Tampil Satu Di Home Page Blog" lebih baik kita dalami dahulu apa sih postingan itu? Menurut bahasa kata Post adalah sebuah berita atau artikel yang dipublikasikan, sedangkan menurut istilah yaitu sebuah artikel atau berita yang dipublikasikan ke blog atau web tertentu yang bertujuan untuk dibaca oleh para pengunjung blog atau web itu sendiri. Mungkin sebagian besar para blogger sudah sangat familiar dengan istilah ini namun tidak salahnya untuk memperjelas pengertian postingan itu sendiri.

          Sebagian dari para blogger pasti sudah bersusah payah dan bekerja keras untuk memosting sebuah artikel dengan memperhatikan jumlah karakternya, bahasanya, judulnya, maupun kualitasnya, dan harapannya setelah artikel tersebut diposting bisa dibaca oleh para pengunjung dan bisa bermanfaat bagi pengunjungnya, tetapi apakah anda pernah mengalami kendala ketika anda sudah selesai memosting banyak artikel yang berkualitas, ternyata setelah dicek di home page blog ternyata hanya terlihat 1 postingan saja, padahal anda sudah bersusah payah untuk menciptakan artikel-artikel yang bermanfaat dan sudah menyetting 10 postingan yang berada di tata letak. Lalu bagaimana solusinya? Hal ini sendiri pernah terjadi pada saya, ketika saya selesai memposting sebuah artikel tiba tiba hanya ada 1 postingan saja yang tampil di home page, tentu hal ini sangat menjengkelkan bagi saya dan menurunkan semangat saya untuk membuat sebuah artikel, dan pada suatu hari saya menemukan solusinya. Solusinya yaitu karena gambar yang disertakan di dalam postingan saya, tidak diupload di blogger atau bisa dibilang cuma mengcopy gambar kemudian menempelkannya ke dalam postingan. Tetapi bukan itu saja penyebabnya, penyebab masalah ini yaitu:

Penyebabnya:

  1. Membuat artikel lewat Microsoft Word.

     

    Nah.. hal ini sering sekali dilakukan oleh para blogger, terus kenapa hal sepele ini sering sekali dilakukan oleh para blogger? "Ya itung-itung hemat kuota lah.. daripada mosting langsung di blogger nyedot kuota banyak, kalau buat di Word kan bisa langsung di publish." Hal seperti itu sering sekali terucap oleh para blogger terutama teman saya,  sampai akhirnya teman saya mengalami masalah ini. Sebaiknya jika anda hendak memosting sebuah artikel, saran saya, jangan buat postingan di Microsoft Word buat langsung di text editor blogger, karena Microsoft Word merupakan sebuah word processor bukan program text editor, program Microsoft Word memiliki kode kode tersendiri, dan kode-kode tersebut sangat bertolak belakang dengan kode-kode yang ada di program text editor, sehingga jika anda membuat postingan di word kemudian disalin ke dalam lembar kerja blogger maka kode-kode tadi akan saling bentrokan dan menyebabkan error, mungkin hal ini tidak bisa dilihat karena blogger tidak memberi notifikasi error tetapi sebenarnya artikel anda mengalami kesalahan dan hasilnya seperti kendala yang sedang kita bicarakan. Sebaiknya jika ingin membuat postingan secara offline gunakanlah text editor asli, seperti Notepad, Notepad++, Sublime Text dll.
  2. Tidak mengunggah gambar ke dalam blogger/hanya mengcopy, paste kan saja.

     

    Seperti yang saya bilang di atas, saya mengalami masalah ini, karena kecerobohan saya pada saat membuat sebuah artikel, saya hanya mengcopy gambar kemudian mempastekannya kedalam lembar kerja blogger. Tentu hal ini tidak hanya saya yang mengalaminya, mungkin banyak para blogger disana yang melakukan hal yang sama dengan saya. Sebaiknya jika ingin menambahkan gambar kedalam artikel anda, lebih baik upload saja gambar anda kedalam blogger, dan alhasil insya allah postingan anda akan tetap terjaga kualitasnya dan akan terhindar dari masalah ini.


Solusinya: 

  1.  Penyebab Pertama

    Untuk mengatasi masalah yang disebabkan oleh penyebab pertama, yaitu membuat postingan lewat Microsoft Word adalah dengan cara:
    1. Langsung memposting di lembar kerja blogger.
      Hal ini perlu dilakukan untuk mencegah bentroknya kode-kode program text editor dengan kode-kode program lain
    2. Gunakan program text editor jika ingin membuat artikel secara offline.Untuk yang ingin membuat postingan dengan cara offline disarankan hanya menggunakan program text editor, karena jika menggunakan program selain text editor misalnya word, maka jika kita menyalin dari word ke blogger maka kode-kode word akan bentrokan dengan kode-kode blogger dan akan menyebabkan error.

  2.  Penyebab Kedua

    Untuk mengatasi masalah yang kedua yaitu tidak mengupload gambar, hanya mengcopy pastekan gambar penjelas kedalam lembar kerja blogger:
    1. Sebaiknya upload jika ingin menambahkan gambar kedalam artikel.
      Sudah yang saya bilang sebelumnya bahwa gara gara penyebab ini saya jadi mengalami kendala seperti ini, untuk itu jika ingin memberi gambar pada artikel, sebaiknya gambar tersebut diupload. Keuntungan lain ketika gambar diupload yaitu gambar bisa dilihat lebih besar ketika diklik.
  3. Menggunakan Jump Break pada lembar kerja blogger.

    Menggunakan jump break merupakan cara yang terampuh untuk mengatasi masalah ini, kenapa ? karena jump break akan memenggal sebagian paragraf saja, yang kemudian paragraf tersebut yang akan ditampilkan di postingan. Berikut langkah langkah menggunakan jump break:

    1. Pertama Login dahulu ke akun blogger anda.
    2. Kemudian pergilah ke laman Pos
    3. Cari postingan yang akan di Jump Break, kemudian edit
    4. Masukan jump break pada akhir paragraf pertama
    5. Jika sudah, klik perbarui, dan cek pada home page anda.
    6. Jika anda masih menjumpai postingan yang hanya tampil 1, sebaiknya tambahkan fitur jump break ke postingan-postingan yang terdahulu.


Mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan pada postingan kali ini, semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi para blogger dan selamat ngeblogging.

Wasalamu'alaikum Wr Wb

Salam Ngelmu Tekno.
Load disqus comments

0 komentar