2016-07-11

10 Cara Membuat Virus Komputer Menggunakan Text Editor Notepad

Asalamu'alaikum Wr Wb.Selamat Sore sahabat Ngelmu Tekno, Pada kesempatan kali ini saya selaku admin Ngelmu Tekno akan membagikan sebuah tutorial yang berjudul "Cara Membuat Virus Komputer Menggunakan Notepad". Virus yang akan kita buat pada artikel ini pun tergolong bervariasi mulai dari virus yang tidak berbahaya(virus nakal) sampai virus yang berbahaya. Berikut penjelasannya.




Dalam dunia informasi dan teknologi (IT) tidak lepas dari yang namanya virus. Virus tercipta dari sebuah bahasa pemrogramman yang bermacam-macam jenisnya, virus diciptakan oleh manusia untuk berbagai macam keperluan manusia, entah itu ingin mencuri data-data target, merusak perangkat target ataupun untuk mencari keuntungan semata. Menurut sebagian orang virus diciptakan oleh berbagai perusahaan penyedia antivirus, virus tersebut diciptakan sengaja oleh perusahaan tersebut karena untuk mengambil keuntungan supaya orang-orang menggunakan antivirusnya, tetapi anda jangan salah paham karena tidak semua perusahaan penyedia antivirus sengaja menciptakan virus-virus berbahaya hanya untuk meraih keuntungannya sendiri.

Virus sejatinya tidaklah tiba-tiba berada di dalam komputer kita, yang menyebabkan komputer kita terkena virus sebenarnya adalah kecerobohan kita dalam melakukan pengoperasian terhadap komputer, seperti mendownload file-file dari sumber yang tidak terpercaya, tidak memasang antivirus, mengunjungi web terlarang(Depweeb) tanpa persiapan, mengklik sembarang link, tidak memproteksi penuh komputer, dan masih banyak lagi penyebab-penyebabnya.

BACA JUGA : [Deepweb (Web Palung Paling Terlarang Untuk Di Jelajahi)] 

Menurut pengertian virus komputer adalah sebuah program yang dapat menginfeksi dan menyebabkan kejadian yang tidak diinginkan oleh user dalam mengoperasikan komputernya, kejadian yang tidak diinginkan tersebut sangat banyak jenisnya dan apabila virus tersebut tidak ditangani maka akan menyebabkan kerusakan yang fatal pada komputer tersebut. Dalam dunia IT terdapat berbagai macam jenis-jenis virus, mulai dari virus yang tidak berbahaya sampai virus yang sangat berbahaya.

Setelah mengetahui apa itu virus dan anda telah mengerti lebih jauh tentang virus, pernahkah terfikirkan oleh anda untuk membuat sebuah virus? entah itu hanya untuk coba-coba saja atau anda ingin memperdalam ilmu tentang virus? tapi saran saya pelajarilah ilmu tersebut hanya digunakan untuk kepentingan saja jangan untuk main-main dan mencelakakan seseorang. Virus yang akan kita buat pada artikel ini yaitu membuat virus dengan mengetikan sebuah syntax program dalam notepad. Perlu diingat! janganlah menggunakan tutorial ini untuk melakukan kejahatan! Berikut ulasannya.

  1. Membuat virus force shutdown

    Sebenarnya virus ini tidaklah berbahaya, karena virus ini hanya akan membuat komputer korban mengalami shutdown secara paksa ketika si korban membuka file virus tersebut. Cara membuat virus ini yaitu: Silahkan anda buka aplikasi notepad/notepad++ anda, atau bisa aplikasi lain yang terpenting text editor, kemudian salinlah syntax kode dibawah ini:



    Kemudian simpanlah syntax kode tersebut dengan ekstensi .BAT nama file bisa terserah anda, misal virus.BAT, pada pilihan file klik All File.

    Penjelasan:
    Pada kode diatas sudah terpampang jelas dengan awalan @echo off yaitu agar perintah tersebut tidak tampil dilayar dan diiukuti dengan msg yaitu message yang menampilkan pesan "You are hacked" dan shutdown -c yang berarti comment yang menyatakan "System Hacked! Your Computer will Shutdown" dan -s adalah perintah untuk menshutdown komputer.
  2. Membuat virus force shutdwon dengan waktu

    Setelah melihat yang pertama kini kita coba dengan menggunakan waktu timer untuk menshutdown pc korban. Caranya pun sama silahkan copas syntax kode dibawah ini pada notepad.



    Kemudian simpanlah syntax kode tersebut dengan berekstensi .BAT bisa juga simpan menggunakan ekstensi .vbs

    Penjelasan:
    Perintah @echo yang berarti tidak menampilkan baris tetapi perintah ditampilkan dilayar, sedangkan kode msg atau message yaitu memberi pesan terlebih dahulu sebelum melakukan shutdown dan command -s untuk menshutdown komputer, lalu t5 adalah waktu/timer untuk menshutdown komputer dan perintah -f adalah untuk menutup semua aplikasi yang sedang berjalan tanpa seizin si korban.
  3. Membuat virus dengan Membuka unlimited progam notepad

    Jika si korban membuka file virus ini maka efek yang disebabkan yaitu komputer akan membuka program notepad terus-menerus tanpa henti dan tak terbatas, jika dibiarkan maka akan mengakibatkan komputer lag dan nge hank. Silahkan copy paste syntax kode berikut ke notepad anda.



    Kemudian simpanlah syntax kode tersebut dengan nama terserah anda dan ekstensi yang dipakai yaitu .BAT atau bisa juga menggunakan ekstensi .vbs

    Penjelasan:Seperti yang sudah saya jelaskan diatas bahwa fungsi @echo off yaitu agar perintah tersebut tidak tampil dilayar dan :top yaitu membuat awal kejadian kemudian START %SystemRoot%\system32\notepad.exe yang artinya membuka program notepad yang merupakan program default OS, kemudian dikuti dengan perintah GOTO yang berfungsi untuk meloncat ke suatu perulangan atau loop disini perintah GOTO digunakan untuk meloncat ke kejadian awal yaitu :top
  4. Membuat virus memunculkan pesan(pop up) terus menerus

    Virus yang satu ini cara kerjanya yaitu dengan cara memunculkan pesan notifikasi(pop up) tanpa henti atau bisa dibilang tanpa batas(unlimited) cara mengatasinya tinggal kita restart komputer korban. Silahkan anda copas syntax kode tersebut ke dalam notepad anda.



    Lalu simpanlah syntax kode tersebut dengan nama terserah anda dan menggunakan ekstensi .BAT atau .vbs

    Penjelasan:@echo off berfungsi agar perintah tersebut tidak tampil dilayar, kemudian kita buat kejadian awal yang bernama :Loop1 lalu kita membuat sebuah pesan-pesan yang ingin ditampilkan dalam pop up dengan perintah msg * kemudian ditutup dengan GOTO yang berarti meloncat ke kejadian awal dan akan terus tetap terulang, sehingga menyebabkan munculnya pesan pop up tanpa henti.
  5. Membuat virus untuk membuka tutup CD/DVD terus menerus

    Virus ini bekerja dengan cara membuka CD/DVD komputer korban secara otomatis dan akan terjadi selama terus-menerus tanpa henti, dan jika dibiarkan terus menerus maka akan beraibat fatal pada bagian CD/DVD komputer korban dan akan menyebabkan kerusakan. Untuk membuatnya silahkan anda copas syntax kode berikut ini ke dalam program notepad anda.



    Kemudian simpanlah syntax code tadi dengan nama terserah anda dan ekstensinya yaitu Visual Basic Script(.vbs)

    Penjelasan:Pada script diatas pertama kita buat variabel oWMP dengan isi CreateObject("WMPlayer.OCX.7") kemudian kita buat variabel lagi yaitu colCDROMs yang isinya mengeksekusi variabel oWMP tadi, dengan diberikan .cdromCollection. kemudian kita lakukan perulangan, kita seleksi variabel colCDROMs tadi dengan perintah if, jika colCDROMs jumlahnya lebih dari sama dengan satu maka akan melakukan perulangan dengan menetapkan variabel i menjadi 0 dan jumlah dari variabel colCDROMs dikurang 1, kemudian variabel colCDROMs yang sudah di lakukan perulangan tadi kita berikan perintah eject. Kemudian lakukan perulangan tadi secara terus menerus sampai 100Rb kali.
  6. Membuat Virus Error Backspace

    Sesuai dengan namanya virus ini menyebabkan error pada tombol backspace komputer dan akan menekan tombol backspace secara terus menerus tanpa henti, sehingga apabila kita ingin menuliskan sebuah text, selamanya text tersebut tidak akan pernah bisa ditulis oleh kita. Untuk membuat virus ini, silahkan anda copas syntax code dibawah ini.



    Setelah itu silahkan anda save syntax kode diatas dengan nama terserah anda dan gunakanlah ekstensi .vbs Pada pilihan file pilih All File.

    Penjelasan:Pada syntax kode diatas pertama kita buat dahulu box pesan notifikasi(pop up) dengan perintah MsgBox yang berisi "Error whe typing!!" Pesan tersebut dapat anda ubah sesuai dengan keinginan anda. Kemudian kita membuat variabel wshShell yang isinya membuat object wscript yang mengarah kepada kode {bs} yang berarti BackSpace, kemudian kita beri perintah loop untuk selalu mengulang perintah yang diatasnya, sehingga tombol backspace pun akan terus tertekan.
  7. Membuat virus untuk Memformat Harddisk

    Virus ini bekerja dengan cara memformat seluruh data-data yang ada pada harddisk, maka dari itu perlu berhati hati jika ingin membuat virus ini. Untuk membuat virus ini silahkan anda copas syntax kode berikut:



    Kemudian simpan syntax kode tadi dengan nama terserah anda dan dengan berektensi .vbs

    Penjelasan:Pada source kode diatas sudah sangat terpampang jelas bahwa jika virus ini dijalankan oleh si korban maka komputer si korban pun akan terformat harddisknya, disana terpampang jelas bahwa program virus ini akan memformat hardisk di drive C, D, dan E.
  8. Membuat virus Membuka CMD(Command Prompt) terus menerus

    Pada virus ketujuh ini memiliki efek yaitu komputer akan otomatis membuka command prompt sekitar 5000 proses dan hal ini dapat menyebabkan CPU kelebihan beban dan akhirnya terjadilah hank berat. Untuk membuat virus ini, silahkan anda copas syntax code berikut ini.




    Lalu simpanlah dengan nama terserah anda dan gunakan ekstensi .bat untuk menyimpannya.

    Penjelasan:Dilihat dari syntax kode diatas memang sangatlah simple kita hanya perlu menulisakan kode persen dan 0 diikuti pemisah |. Dari keseluruhan memang saya belum terlalu paham dengan artinya, tetapi mungkin setiap kode %0 berfungsi untuk membuka 250 proses Command Prompt.
  9. Virus Menghentikan Akses Internet Seseorang

    Virus ini memiliki efek untuk menghentikan akses internet seseorang, yaitu dengan cara mentiadakan IP komputer seseorang jadi jika si korban membuka file ini maka komputer si korban tidak akan bisa melakukan browsing. Untuk membuat virus ini, silahkan anda copas kode berikut ke dalam program text editor anda.



    Kemudian simpanlah syntax code diatas dengan nama terserah anda dan berekstensi .BAT

    Penjelasan:Seperti yang sudah kita ketahui fungsi @echo off yaitu agar perintah tersebut tidak tampil dilayar dan kemudian kita menuliskan kode Ipconfig, yang dalam program cmd(Command Prompt) berarti untuk mengecek sebuah jaringan termasuk alamat-alamatnya, namun disini kita menambahkan kode release yang berarti menghilangkan atau membuang alamat-alamat komputer termasuk juga alamat IP sehingga komputer pun tidak akan bisa menjelajahi internet. Namun disamping itu juga ada cara jitu untuk mengembalikannya yaitu dengan membuka cmd dan ketikan kode Ipconfig /renew yang berarti membuat ulang alamat baru lagi.
  10. Membuat virus "Error Freeze Computer"

    Virus ini juga termasuk virus berbahaya karena efek yang disebabkan oleh virus ini yaitu membekukan fungsi-fungsi utama pada komputer, seperti menghapus autoexe sehingga komputer tidak akan bisa membuka file yang berekstensi exe, menghapus boot.ini sehingga komputer tidak akan bisa melakukan proses booting, menghapus ntldr, menghapus win.ini. Untuk membuat virus ini silahkan anda copas syntax code dibawah ini.



    Setelah anda mengcopas syntax kode diatas silahkan anda simpan syntax kode diatas dengan nama terserah anda dan menggunakan ekstensi .BAT.

    Penjelasan:Seperti yang sudah saya katakan diatas bahwa virus ini memang berbahaya dan jangan sampai anda mencoba di komputer anda sendiri. Pada baris pertama syntax kode diatas adalah "attrib -r -s -h c:\autoexe.bat" yang berarti akan menampilkan file autoexe.bat yang di super hidden di dalam direktori c dan setelah itu digunakan perintah del c:\autoexe.bat yang berfungsi untuk menghapus file autoexe.bat tersebut, begitu juga dengan perintah yang mengarah ke boot.ini, ntldr, dan win.ini.


    BACA JUGA : [Cara Mengatasi Virus Shortcut Pada Komputer, Flashdisk dll yang di Super Hidden]


Ya, itulah sedikit artikel mengenai cara membuat virus menggunakan text editor notepad, virus yang bisa kita buat pun ada berbagai macam virus, mulai dari virus yang tidak membahayakan(virus nakal) sampai virus yang bisa sangat membahayakan. Sebenarnya virus nakal tersebut masih dibilang ragu jika di panggil virus, karena isi dari virus tersebut hanyalah perintah dasar yang berisi untuk mengoperasikan perangkat komputer.

Sedikit tips : Untuk memaksimalkan kinerja virus yang sudah kita buat diatas, silahkan buat beberapa virus sesuai dengan keinginan anda dan sisipkan lah pada file Autorun.inf yang kemudian kita simpan pada flashdisk. Dengan tips ini bisa mempermudah anda untuk menyebarkan berbagai macam virus ke komputer orang lain.

NOTE : ARTIKEL INI DITUJUKAN HANYA UNTUK PEMBELAJARAN SAJA DAN TIDAK DITUJUKAN UNTUK MENGAJARKAN YANG TIDAK BAIK KEPADA SEMUA ORANG. SAYA HARAP GUNAKANLAH MANFAAT ARTIKEL INI HANYA UNTUK KEBAJIKAN SAJA. DAN APABILA ADA SUATU KECEROBAHAN YANG TERJADI PADA KOMPUTER ANDA ATAUPUN KOMPUTER KORBAN ANDA, KAMI SELAKU PENGURUS NGELMU TEKNO TIDAK AKAN BERTANGGUNG JAWAB!


Sekian dari saya kurang lebihnya saya mohon maaf.


Wasalamu'alaikum Wr Wb.

Salam Ngelmu Tekno,

    Load disqus comments

    4 komentar